SMA LTI IGM Rayakan Sumpah Pemuda Dengan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya 3 Stanza

Hari-sumpah-pemuda

Senin, 30 Oktober 2017, SMA LTI IGM mengadakan acara Peringatan Hari Sumpah Pemuda di Gedung Serba Guna SMA LTI IGM. Acara ini diwarnai dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya 3 Stanza. Kegiatan ini bertujuan untuk mensosialisasikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya 3 Stanza yang selama ini belum banyak diketahui siswa-siswi SMA LTI IGM. Menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya yang tidak sesuai dengan peraturan dan kaidah yang tertuang dalam UU tentang Lagu Kebangsaan Indonesia Raya.

Kegiatan ini diisi juga dengan tutorial  Lagu Kebangsaan Indonesia Raya 3 Stanza yang dinyanyikan dengan penuh semangat oleh para Pejuang Indonesia.  Kegiatan ini langsung dipandu oleh Ibu Ratna Djuaimi, S.Pd. Ibu Muntaz Ibrahim, S.Pd., dan Bapak Adre Setiawan, S.Pd. Siswa - siswi  SMA LTI IGM sangat antusias  menyaksikan penayangan film  Lagu Kebangsaan  Indonesia Raya 3 Stanza ini  dan ikut menyanyikannya dengan penuh semangat.

Harapan ke depannya siswa-siswi SMA LTI IGM dapat menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya 3 Stanza dengan penuh semangat, baik pada upacara atau kegiatan lainnya.

Lomba PMR SMA LTI IGM Juara 3

WhatsApp Image 2017-11-04 at 10.56.24

 

Palang Merah Remaja (PMR) adalah suatu kegiatan ekstrakurikuler yang banyak peminatnya di SMA LTI IGM. Tim PMR SMA LTI IGM selalu ikut dalam setiap kompetisi  yang diselenggarakan. Tim ini selalu  semangat dan gembira  mengikuti berbagai lomba  dan selalu membawa harum nama SMA LTI IGM dengan berbagai prestasi yang diraihnya.

Tanggal 24 – 25 Oktober 2017, SMAN. 5 Palembang menyelenggarakan  lomba Real Action & Innovation Of Extracurricular Competition In Smanlee,  diikuti oleh Sekolah Menengah Atas  dan  Sekolah Kejuruan Se- Sumatera Selatan. Ada empat  cabang yang dilombakan, lomba TPTKP, Pertolongan Pertama (PP), Lomba Ketangkasan Tandu, dan Lomba Cepat tepat.  Pada lomba kali ini, SMA LTI IGM mengirim 1 Tim Pertolongan Pertama (PP)  Putra, 1 Tim Pertolongan Pertama (PP) Putri  dan 2 Tim Cepat Tepat (CT).

Dalam lomba tersebut Tim Pertolongan Pertama (PP)  Putra dari SMA LTI IGM,  berhasil meraih juara tiga.  Trofi dan piagam  pun kembali didapat. Rasa syukur dan bahagia terpancar dari  Tim PP dan Tim CT  SMA LTI IGM, bertambah lagi prestasi,  bertambah lagi kemenangan buat SMA LTI IGM.  Selamat kepada sang juara, teruslah raih prestasi demi masa depan gemilang.

 

SMA LTI IGM Persami 2017 di Camp LANUD TNI AU

WhatsApp Image 2017-10-31 at 10.01.06

Sabtu, 21 Oktober 2017 , pukul 07.00, siswa-siswa SMA LTI IGM dengan menggunakan seragam pramuka yang lengkap telah tiba dan berkumpul di Camp LANUD AU, Talang Betutu, Palembang, mereka akan mengikuti kegiatan perkemahan Sabtu Minggu. Berkemah memang memiliki arti tersendiri bagi mereka, dan akan membawa berjuta kesan, baik kesan menggembirakan, menyedihkan dan bahkan mengharukan berkecamuk menjadi satu dalam kenangan yang tak terlupakan.

            Kegiatan perkemahan Sabtu-Minggu (PERSAMI) SMA LTI IGM tahun ini  , diikuti oleh seluruh siswa, baik kelas X, XI, dan XII. Persami 2017 ini mengusung  tema “Dengan Persami kita menuju generasi yang mandiri, bertanggung jawab, beretika, dan cinta lingkungan”. Persami ini sebagai agenda tahunan dari kesiswaan, juga kegiatan ekstrakurikuler wajib kepramukaan yang banyak peminatnya di SMA LTI IGM.  

            Kegiatan Persami ini dibuka langsung oleh kepala sekolah, H. Hadiwijaya, S.Pd. sekaligus sebagai Pembina upacara pembukaan Persami 2017. “ Kegiatan persami yang bernuansa kepramukaan ini merupakan wadah mempersiapkan generasi muda yang cakap mental, terampil, bermoral, berahklak mulia.” ungkap Bapak H. Hadiwijaya, S.Pd. Mengingat bermanfaatnya kegiatan persami ini hendaknya mendapat dukungan sepenuhnya dari para orang tua, karena pada dasarnya sasarannya adalah pembinaan generasi muda yang memiliki sifat kemandirian, tangguh dan berkarakter, tambah H. Hadiwijaya, S.Pd.

            Kegiatan Perkemahaan Sabtu -Minggu (Persami) ini  diisi dengan berbagai kegiatan yang penuh inovatif, kreatif dan inisiatif. Kegiatan ini juga didukung dengan perbekalan yang cukup guna memperlancar proses kegiatan dan menimbulkan spirit atau menumbuhkan moril bagi para siswa,  sehingga kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dan lancar.

            Wajah yang tampak gembira dan penuh semangat tergambar jelas dari siswa-siswi SMA LTI IGM. Usai upacara pembukaan, mulailah anak-anak bergabung dengan kelompoknya masing-masing untuk mendirikan tenda, dan mengatur barang- barang yang mereka bawa agar tertata rapi. Kebersamaan dan kemandirian memang dituntut dalam kegiatan Persami ini. Setelah isoma anak-anak hiking mengelilingi LANUD diiringi dengan beberapa games yang harus mereka ikuti. Games-games yang sudah disediakan oleh kakak pembina pramuka mulai dilaksanakan, dari menebak huruf, menebak kata sandi dengan model permainan menjumlahkan sebuah kubus jika ditambahkan bagian atas, bawah, depan, belakang jumlahnya sama 15, tantangan mencari nama Pahlawan Mochammad Husein Thamrin di sekitar LANUD, teka-teki mencari nama pahlawan di uang seratus rupiah, Ishoma, games mempelajari semaphore , menentukan kerja sama tim, memindahan karet melalui sedotan, memindahkan kelereng pakai kertas yang digulung, meniup balon, berjalan dengan mengepit balon, pengisian SKU baris berbaris , ikat tali, dan yel-yel yang ditampilkan oleh tiap kelompok.

WhatsApp Image 2017-10-31 at 10.01.07

 

            Pukul 21.00 WIB anak-anak sudah siap berbaris mengelilingi api ungun, Kalau kegiatan berkemah tanpa api unggun  sepertinya kurang afdol.  Pukul 1 malam, angin berhembus kencang sekali, suasana dingin mulai mewarnai, cuaca malam itu kurang mendukung, angin yang begitu kencang menerpa laksana seekor naga yang sedang mengamuk  hendak merobohkan tenda-tenda Persami. Hujan yang turun dengan derasnya membuat para siswa Persami harus keluar dari tenda mereka dan berteduh di   area LANUD. Suasana yang dingin namun menyenangkan bagi peserta Persami.

            Minggu pagi, pukul 08.00, saatnya anak-anak  bersiap-siap untuk beres-beres pulang ke rumah masing-masing. Mereka diingatkan oleh para guru dan panitia agar jangan sampai ada barang yang ketinggalan. Selamat tinggal Persami tahun 2017 terima kasih telah memberikan kami kenangan, semoga kita bertemu lagi dalam Persami 2018.

Tim Olimpiade Kebumian SMA LTI IGM Lolos Ke Tingkat Nasional

bumi         

            Ekstrakurikuler adalah kegiatan pendidikan yang dilakukan oleh peserta didik di luar jam belajar kurikulum standar sebagai perluasan dari kegiatan kurikulum dan dilakukan di bawah bimbingan sekolah dengan tujuan untuk mengembangkan kepribadian, bakat, minat, dan kemampuan peserta didik yang lebih luas atau di luar minat yang dikembangkan oleh kurikulum. Salah satu kegiatanekstrakurikulerdi SMA LTI IGMyang banyak peminatnya adalah ekstrakurikulerKebumian yang dibina langsung oleh guru mata pelajaran Geografi  dan pelatih ekstrakuler Budi Utomo, M.Sc.

            SMA LTI IGM  mengirim 4 tim Kebumian, dari 4 tim tersebut yang lolos  seleksi tahap online ada  3 tim. 3 tim inilah yang maju ke kompetisi  untuk siswa dan siswi SMA sederajat, tingkat nasional yang diselenggarakan Departemen Teknik Geofisika Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya (ITS), 6 - 8 Oktober 2017, yang membahas tentang, Geoscience, yaitu Geologi, Geografi, Fisika, dan Matematika.

          3 Timharus mampu berkompetisi di 3 tahapan lomba, yaitu Amazing Run, Cerdas Cermat, dan Case Final Presentation. Peserta akan diuji baik dari segi pengetahuan mengenai ilmu Geoscience dan juga kemampuan analisis di bidang ilmu Kebumian.

             Hasil pelaksanaan Olimpiade Kebumian Tingkat NasionalITS Surabaya.  1 Tim masuk 13 besar nasional yaitu Luthfiyyah Astri Hartuti (XI IPA 2), dan Fawwaz Zabadi Rahmad (XI IPA 1). 1 tim masuk 14 besar nasional yaitu Dinda Anggun Aisyah (XI IPA 3) dan Dwi Raissa Nisrina (X IPA 2), dan 1 tim masuk 20 besar nasional yaitu Sarah Alvia (XI IPA 1) dan Rizky Nadya Salsabila (X IPS 1).  Tim Kebumian dari SMA LTI IGM ini sangat senang karena mereka tidak hanya berkompetisi dari segi pengetahuan,  namun juga diajak Gala Dinner dengan Ibu Walikota Surabaya. Olimpiade kebumian ini tidak hanya ajang kompetisi melainkan juga tempat saling belajar dan bertukar pengalaman. Teruslah semangat tim Kebumian SMA LTI IGM, yakinlah kalian tetap juara di hati kami.

SMA LTI IGM: “Quality and Behaviour Are Our Concern”

Halaman 6 dari 13