Tim Olimpiade Kebumian SMA LTI IGM Lolos Ke Tingkat Nasional

bumi         

            Ekstrakurikuler adalah kegiatan pendidikan yang dilakukan oleh peserta didik di luar jam belajar kurikulum standar sebagai perluasan dari kegiatan kurikulum dan dilakukan di bawah bimbingan sekolah dengan tujuan untuk mengembangkan kepribadian, bakat, minat, dan kemampuan peserta didik yang lebih luas atau di luar minat yang dikembangkan oleh kurikulum. Salah satu kegiatanekstrakurikulerdi SMA LTI IGMyang banyak peminatnya adalah ekstrakurikulerKebumian yang dibina langsung oleh guru mata pelajaran Geografi  dan pelatih ekstrakuler Budi Utomo, M.Sc.

            SMA LTI IGM  mengirim 4 tim Kebumian, dari 4 tim tersebut yang lolos  seleksi tahap online ada  3 tim. 3 tim inilah yang maju ke kompetisi  untuk siswa dan siswi SMA sederajat, tingkat nasional yang diselenggarakan Departemen Teknik Geofisika Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya (ITS), 6 - 8 Oktober 2017, yang membahas tentang, Geoscience, yaitu Geologi, Geografi, Fisika, dan Matematika.

          3 Timharus mampu berkompetisi di 3 tahapan lomba, yaitu Amazing Run, Cerdas Cermat, dan Case Final Presentation. Peserta akan diuji baik dari segi pengetahuan mengenai ilmu Geoscience dan juga kemampuan analisis di bidang ilmu Kebumian.

             Hasil pelaksanaan Olimpiade Kebumian Tingkat NasionalITS Surabaya.  1 Tim masuk 13 besar nasional yaitu Luthfiyyah Astri Hartuti (XI IPA 2), dan Fawwaz Zabadi Rahmad (XI IPA 1). 1 tim masuk 14 besar nasional yaitu Dinda Anggun Aisyah (XI IPA 3) dan Dwi Raissa Nisrina (X IPA 2), dan 1 tim masuk 20 besar nasional yaitu Sarah Alvia (XI IPA 1) dan Rizky Nadya Salsabila (X IPS 1).  Tim Kebumian dari SMA LTI IGM ini sangat senang karena mereka tidak hanya berkompetisi dari segi pengetahuan,  namun juga diajak Gala Dinner dengan Ibu Walikota Surabaya. Olimpiade kebumian ini tidak hanya ajang kompetisi melainkan juga tempat saling belajar dan bertukar pengalaman. Teruslah semangat tim Kebumian SMA LTI IGM, yakinlah kalian tetap juara di hati kami.

SMA LTI IGM: “Quality and Behaviour Are Our Concern”

Tim Olimpiade Biologi SMA LTI IGM Menuju OZON 2017

biologi

       Kegiatan ekstrakurikuler Biologi dapat dikatakan unik karena banyak subjek maupun objek pembelajarannya memiliki karakter yang khas. Objek pembelajaran Biologi selain berhubungan dengan alam nyata juga berkaitan dengan proses-proses kehidupan. Tujuannya mengharapkan siswa dapat mengetahui, memahami, menyimpulkan, menganalisis secara kritis, dapat memecahkan masalah, dan mampu mengaplikasikan pemahaman mereka dalam kehidupan sehari-hari.

Tim Olimpiade Biologi SMA LTI IGM terdiri dari  4 kelompok. Kelompok 1. Jasmine  Rani Aisyah, Az Zahra Kania, dan Dinda Tri Andini, kelompok 2, Z.A. Hasyimiah Az- Zahra, Andi Mutiara Aurel Sisilya, dan Rizky Hidayat, kelompok 3, Annisa Luthfiyah, Inayah Alifah Khairiah, dan Faris, kelompok 4, Geneva Adelya Ariesta, Zahrotun Nisa Yusuf, dan Tri Wahyuni.

Dengan banyaknya latihan pratikum  di laboratorium Biologi dan bahas soal-soal Olimpiade yang langsung dibimbing guru mata pelajaran Biologi, diharapkan  Tim Olimpiade Biologi SMA LTI IGM tidak hanya memiliki pengetahuan namun juga mampu bersaing di kancah Olimpiade Biologi Tingkat Nasional.

          Keempat Tim Olimpiade Biologi ini lolos seleksi tahap online dan Semifinal dan masuk peringkat 8, 9, 10, dan 11 dari 106 peserta.  Selanjutnya Tim Olimpiade Biologi ini  akan maju ke Olimpiade Zoology Nasional (OZON ) di Fakultas Kedokteran Hewan, UGM, Yogyakarta,  4 – 5 November 2017.   Tim Olimpiade Biologi ini  harus mampu berkompetisi di 2 tahap lomba lagi , yaitu Final dan Grand Final. Peserta akan diuji  tentang Anatomi, Sitologi, Fisiologi, Parasitologi, Genetika, Bakteriologi, Biokimia Hewan, Biosistematika Hewan, Patologi Hewan dan Ilmu Kedokteran Hewan. Sukses buat Tim Olimpiade Biologi SMA LTI IGM, kalian pasti bisa menambah harum SMA LTI IGM.  SMA LTI IGM: “Quality and Behaviour Are Our Concern”

Family Gathering Keluarga Besar SMA LTI IGM

Pagi yang cerah, Sabtu (7/10) keluarga besar SMA LTI IGM sudah bersiap-siap  berangkat menuju Tempat Pemancingan Lebak Gelora, untuk melaksanakan kegiatan Family Gathering, dengan tema “IGM Kece”. Kegiatan ini mendapat sambutan hangat dan meriah dari seluruh keluarga besar SMA LTI IGM.  Seluruh guru dan karyawan mengikuti kegiatan ini. Kaos hitam bertuliskan logo SMA LTI IGM, dikenakan oleh semua guru dan karyawan.  Kegiatan ini  dijadikan ajang untuk menjalin suatu relasi dan menjaga hubungan baik antara sesama guru dan karyawan, mempererat hubungan pertemanan dan kekerabatan antara  guru karyawan, mempererat kerja sama antara sesama guru dan karyawan , dan menghilangkan beban pekerjaan yang  menjadi rutinitas di SMA LTI IGM.

                Ketua panitia, Dian Novita, S.Pd. tampak sibuk melakukan administrasi dibantu oleh Tim Event Organizer SMA LTI IGM.

                Dalam sambutannya kepala sekolah SMA LTI  IGM. H. Hadiwijaya, S.Pd. menyampaikan bahwa Family Gathering merupakan media yang efektif untuk membangun silaturrahmi, kebersamaan, dan kekompakan seluruh keluarga besar SMA LTI IGM. Acara semacam ini secara rutin akan diagendakan SMA LTI IGM, ungkap H. Hadiwijaya, S.Pd. yang disambut applaus keluarga besar SMA LTI IGM.

                Sementara itu ketua panitia Dian Novita, S.Pd. menyampaikan bahwa acara Family Gathering ini mendapat sambutan  yang luar biasa dari seluruh keluarga besar SMA LTI IGM. Hampir seluruh guru dan karyawan hadir dalam acara ini, hanya satu – dua guru dan karyawan yang tidak hadir, itu pun karena ada tugas bersamaan. 

                Semua rangkaian acara digelar dalam bentuk games mulai dari  yel-yel, jalan pakai kain, tebak judul lagu dan penyanyi ,dan missing lyrics. Yel-yel yang ditampilkan per kelompok harus mencantumkan nama kelompok yang berasal dari nama hewan dan sekaligus menirukan suara hewan tersebut. Masing- masing kelompok tampil dengan yel-yel yang unik dan semangat. Selanjutnya acara  tebak lagu dan penyanyi, suasana pun tambah meriah karena semua peserta maju dan menyuarakan suara hewan sesuai dengan nama kelompoknya, mengacungkan jari agar ditunjuk untuk menebak judul lagu dan penyanyinya. Ternyata guru dan karyawan SMA LTI IGM, tidak hanya aktif mengajar tapi juga sangat  banyak hapal lagu dan penyanyinya. Acara selanjutnya jalan pakai kain, seru sekali melihat peserta  berpasangan berjalan dengan kaki diikat dengan kain, ada pasangan yang jatuh dan ada pasangan lain  yang sampai batas finish. Suasana yang panas tak mampu meluluhkan semangat mereka untuk mencapai kemenangan.

                Setelah lomba berjalan pakai kain di halaman, kami pun beranjak menuju pondok untuk acara  tukar kado,  semua peserta membentuk lingkaran dengan  diiringi musik dan kado yang dibawa pun ikut berputar sampai musik dihentikan.  Setiap peserta harus membuka kado yang didapatkan dan menunjukkan isi kado tersebut.

                Usai acara tukar kado kami pun makan siang bersama dan sholat. Family Gathering memberikan kesan  bertabur kehangatan dan kado.Sampai jumpa di Family Gathering tahun depan dengan momentum paling seru lagi.

Kegiatan MPLS di SMA LTI IGM

Untitled

 

Kegiatan bagi siswa baru merupakan kegiatan yang baru pertama kali dilaksanakan pada tahun pelajaran 2017/2018 sebagai pengganti kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun. Salah satu tujuan diadakannya Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) adalah bertujuan untuk mengenalkan lingkungan SMA LTI IGM Palembang, sebagai sarana beradaptasi para siswa baru terhadap lingkungan baru, bersosialisasi dengan teman-teman baru, mengembangkan interaksi positif antarsiswa dan warga sekolah lainnya, ajang wahana kebersamaan, kekeluargaan dan persaudaraan dalam upaya memajukan SMA LTI IGM. Acara ini berlangsung selama tiga hari, dimulai hari Senin- Rabu (17-19 Juli 2017).

                Pembukaan kegiatan MPLS ini langsung dibuka oleh Kepala SMA LTI IGM, H. Hadiwijaya, S.Pd. dihadiri seluruh guru, karyawan, dan siswa-siswi baru. Dalam sambutannya H. Hadiwijaya, S.Pd. mengucapkan selamat datang kepada siswa-siswi baru dan selamat bergabung di SMA LTI IGM. “Marilah sama-sama kita jaga lingkungan sekolah ini jangan kita cemarkan, karena tergabung di sini berarti sudah satu keluarga. Marilah kita dukung semua program sekolah ini menuju kepada kebaikan” Ujar H. Hadiwijaya, S.Pd. Pada kesempatan ini, H. Hadiwijaya memperkenalkan semua guru, karyawan SMA LTI IGM kepada siswa baru.

                Setelah pembukaan MPLS, acara dilanjutkan dengan berbagai kegiatan lainnya di antaranya memperkenalkan fasilitas sekolah, sistem kurikulum, sistem belajar, sarana prasarana, kegiatan ekskul, peraturan sekolah,  dan pembiasaan tidak bawa HP di sekolah. 

                Kegiatan MPLS ini ditutup pada hari Rabu oleh kepala SMA LTI IGM, H. Hadiwijaya, S.Pd., dilanjutkan dengan pembagian kelas untuk kelas sepuluh. SMA LTI IGM: “Quality and Behaviour Are Our Concern”

Halaman 10 dari 16