PERSAMI: Cetak Jiwa Kreatif, Disiplin, dan Mandiri

SMA LTI IGM bekerja sama dengan gugus depan Pramuka SMA LTI IGM dan TNI AU Sumatera Selatan menyelenggarakan kegiatan kepramukaan dalam bentuk Perkemahan Sabtu-Minggu atau yang dikenal “Persami” untuk siswa-siswa kelas X, XI, dan XII. Kegiatan Persami ini merupakan perpaduan antara penanaman niilai-nilai moral dengan peningkatan kreativitas, disiplin, serta mental pelajar.

Persami 2015 dilaksanakan di D’ Camp Landasan Udara (LANUD) Jln. Bandara Lama KM 11 Talang Betutu Palembang, Kegiatan ini diikuti 280 siswa, 6 orang personil TNI AU , dan 15 orang personil pelatih pramuka, serta guru-guru SMA LTI IGM. Dengan tema “Bentuk Kemandirian Siswa Melaui Jiwa Tunas Kelapa” Persami 2015 diikuti siswa dengan semangat dan ceria. Kegiatan ini sebagai dasar pembentukan jiwa leandership, menanamklan kreativitas, menanamkan rasa kepedulian, meningkatkan pertemanan di kalangan pelajar menuju jalinan persaudaraan sesama pelajar, dan menemukan kembali cara hidup yang menyenangkan dalam kesederhanaan. Terang Rukma Deny Kusuma S.Pd. selaku Ketua Pelaksana Persami 2015.

Sampai di lokasi D’ Camp LANUD pukul 07.00 WIB, peserta Persami wajib registrasi dan bersiap-siap untuk mendidirikan tenda- tenda sebanyak sangga yang telah ditentukan. Kegiatan selanjutnya upacara pembukaan , Ibu Betty Kurniaty, S.Si. selaku kepala SMALTI menyerahkan siswa-siswa SMALTI untuk dibina dan dilatih kemandiriannya di alam bebas oleh pelatih TNI Angkatan Udara dan pembina pramuka. Beliau berharap siswa-siswa SMALTI dapat menjadi siswa yang , kreatif, disiplin, mandiri, lebih peduli terhadap lingkungan, dan mampu bekerja sama dengan tim, agar kelak menjadi pemimpin yang handal di masa depan, di akhir upacara kepala sekolah menyematkan tanda peserta Persami kepada perwakilan peserta putra dan putri.

Untuk memeriahkan acara berbagai kegiatan pun digelar. Seperti Latihan Baris-Berbaris, Memasak, Studi kasus, Out Bound, Kreativitas Tim, Pengembangan Diri, Siraman Rohani dan Salat Berjamaah. Malam hari digelar acara Api Unggun, diisi dengan pembacaan Dasadarma Pramuka oleh sepuluh orang dilanjutkan penampilan tiap sangga, puisi, bernyanyi, cerita lucu. Peserta tetap semangat walau sudah mendekati tengah malam, apalagi Yel-Yel diteriakkan dengan semangat membara semakin lupa hari sudah larut malam.

Pukul 01.30 WIB siswa dibangunkan untuk mengikuti Caraka Malam. Siswa sesuai dengan sangga digiring untuk menuju Lapangan Udara Talang Betutu Palembang dipimpin oleh ketua sangga masing-masing dan diiringi oleh guru-guru selaku panitia inti, pelatih TNI AU dan pembina pramuka. Sampai di Lapangan Udara suasana hening, acara Muhasabah Diri pun digelar langsung dipimpin Chairurrizal, S.Pd.I. Al Hafidz (guru PAI SMA LTI IGM). Acara ini bertujuan untuk membangkitkan kesadaran siswa akan peran penting orang tua terhadap masa depan mereka.

Minggu, setelah selesai upacara penutupan Persami, siswa-siswa bersiap-siap membongkar tenda-tenda dan berkemas-kemas untuk pulang. Semoga dengan Persami 2015 akan tercipta jiwa yang mandiri, kreatif, dan disiplin.

MASA ORIENTASI SISWA SMA LTI IGM PALEMBANG TP. 2015-2016

28-30 Juli 2015 sebanyak 90 orang siswa baru SMA LTI IGM mengikuti Mos di Gedung Hijau SMALTI. Dengan seragam hitam putih mereka berbaris dan berkumpul di lapangan guna menerima pengarahan dari ketua OSIS dan panitia.

Pembukaan MOS langsung dibuka oleh kepala SMA LTI IGM Ibu Betty Kurniaty, S.Si. Ibu Betty berharap agar siswa-siswa baru menjadi anak-anak yang pintar, disiplin, berbudi pekerti yang baik, dan menjalin rasa kekeluargaan di SMA LTI IGM INI. Acara dilanjutkan dengan penyematan aksesoris. Dwi Ajeng Oklande selaku ketua OSIS tahun pelajaran 2013-2014 berharap dengan kegiatan MOS ini adik-adik dapat membangun kedisiplinan sebagai siswa SMA LTI IGM, cakap dan terampil di bidang IPTEK, bertanggung jawab dalam segala hal, dan berbudi pekerti yang baik. Panitia OSIS mengajak peserta MOS mengenal lingkungan SMA LTI IGM dan segala kegiatan ekstrakurikuler yang ada.

Tiap pagi yang harus peserta MOS ikuti adalah Tadarus Al-quran, salat Dhuha bersama. Selanjutnya mereka mendengarkan penyampaian materi dari Tim Kurikulum, Tim Kesiswaan, Tim Sarana Prasarana, dan Tim Humas. Para peserta MOS diberikan kesempatan untuk menampilkan bakat yang mereka miliki baik itu menyanyi, gitaris, dan lain-lain. Mereka tampak bahagia sampai menjelang acara penutupan MOS pada Rabu, 16 Juli 2014 di Mushola IGM. Pengumuman peserta MOS terbaik putra dan putri pun digelar. M. Hafiz Hamdani dan Fahira Dhea Azzahra menjadi pesrta MOS terbaik tahun ini. Penyerahan selempang dan hadiah pun diberikan oleh Ibu Betty Kurniaty, S.Si dan Hadi Wijaya, S.Pd. Pelepasan aksesoris pun serentak dilakukan peserta MOS dan resmilah acara penutupan MOS tahun ini.

Hari kamis Kegiatan Pesantresn Kilat Pun digelar. Semua siswa berkumpul di Musholla IGM. Kegiatan ini langsung dibuka Ibu Betty Kurniaty, S.Si. Kegiatan ini terselenggara berkat kerja sama Yayasan IGM, SMA LTI IGM Palembang dan Dompet Dhuafa. Tadarus Al-quran, salat Dhuha bersama dan siraman Rahoni dari Ustad M. Taufik dengan topik “ Ramadan Never Day” turut mewarnai kegiatan ini. Kegiatan Pesantren Kilat ini akan ditutup Sabtu, 19 Juli 2014 dengan acara buka bersama dan penyerahan sembako dan uang hasil Infak siswa siswi SMA LTI IGM ke Panti Asuhan yang sengaja di undang dalam acara Pesantren Kilat ini. Semoga kegiatan ini menjadi kegiatan yang bermanfaat dan menjalin tali silaturrahmi antar sesama umat manusia.

SMA LTI IGM Menerima Pendaftaran Siswa/I Baru

SMA LTI IGM menerima pendaftaran siswa/siswi baru Tahun Ajaran 2015-2016. Ayo buruan daftarkan sebelum ditutup

11133841 788659737870132 4756317121002674097 n

SMA LTI IGM Sekolah Adiwiyata Kota Palembang

img1429668582005SMA LTI IGM: Berawal dari ketidakyakinan bahwa SMA LTI IGM bisa menjadi sorotan dan menjadi sasaran untuk sekolah Adiwiyata. Mengingat kondisi SMA LTI IGM di pinggir jalan yang luas dan dikelilingi beton yang mewah dan dengan keterbatas waktu, sangat sulit untuk melakukan penghijauan di lingkungan sekolah. Adanya anggapan selama ini siswa-siswi SMA LTI IGM selalu dilayani dalam suatu kegiatan, ternyata mampu menunjukkan kemandirian mereka dalam aksi nyata yaitu penghijauan alias Go Green. Antusias dan kreativitas mereka patut dihargai dengan sepenuh hati karena mereka memiliki jiwa kepedulian yang tinggi terhadap lingkungan sekolah dan sekitar

Ini terbukti, Rabu, 22 April 2015 di Rumah Dinas Walikota Palembang dalam acara Pemantapan Kader Lingkungan, ternyata SMA LTI IGM mendapat plakat, dan penghargaan sebagai Sekolah Adiwiyata Tingkat Kota tahun 2015. Kepala SMA LTI IGM, Ibu Betty Kurniaty, S.Si. menyatakan “di satu sisi beliau bahagia karena SMA LTI IGM mendapat penghargaan sebagai Sekolah Adiwiyata, di sisi lain moment ini dapat memotivasi kegiatan penghijauan di sekolah yang menunjang adiwiyata.

C360 2015-03-23-07-34-31-171Wujud kepedulian dan kemandirian siswa-siswi SMA LTI IGM dalam upaya operasi semut di lingkungan sekolah dan sekitar, melakukan penghijuan di lingkungan SMA LTI IGM, dan membiasakan diri dengan sedikit sampah, dan menjaga udara agar tetap bersih, sangat didukung oleh Yayasan IGM, kepala SMA LTI IGM, dan seluruh warga SMA LTI IGM. “Ini adalah awal yang baik untuk memotivasi warga SMA LTI IGM agar meningkatkan kepedulian akan lingkungan yang sehat serta menghindari dampak lingkungan yang negatif. Bagi warga SMA LTI IGM kesempatan ini adalah tempat pembelajaran dan penyadaran warga sekolah sehingga di kemudian hari warga sekolah dapat turut bertanggung jawab dalam upaya penyelamatan lingkungan di sekolah. SMA LTI IGM: Quality and Behaviour Are Our Concerns.

Dengan program Adiwiyata ini dapat meningkatkan kondisi belajar mengajar yang nyaman, kondusif bagi semua warga SMA LTI IGM.

 

C360 2015-03-23-10-12-42-870

img1429668467315

 

Halaman 20 dari 21