Unite Revolution Slider

Gelar Pelatihan, Siswa SMA LTI IGM Dibekali Teknik Wawancara, dan Investigasi ala Jurnalis

27WhatsApp Image 2019-10-24 at 08.29.22

Siswa SMA Lifeskill Indo Global Mandiri (IGM) Palembang mendapatkan kesempatan untuk merasakan menjadi seorang pewarta berita (jurnalis). Meski berada di lingkungan sekolah, namun siswa siswa yang sebagian besar merupakan tim literasi dan bujang gadis SMA IGM tersebut, mendapatkan mentoring langsung dari sejumlah jurnalis profesional dari Pemimpin Redaksi Koran Harian Sumatera Ekspres (Sumeks) Martha Hendratmo dan penulis senior serta budayawan Palembang Anto Narasoma, Kamis (24/10/2019).

Keduanya membagi ilmu dan pengalaman selama bekerja di dunia jurnalis di hadapan siswa SMA LTI IGM Palembang.

Kepala SMA LTI IGM Palembang, Hadi Wijaya, S.Pd menegaskan jika pihaknya sengaja menggelar kegiatan pelatihan jurnalis sekolah bersama Yayasan Sumatera Ekspress yang selama fokus kerjasama ke berbagai institusi pendidikan maupun lembaga pemerintahan.

"Kita sengaja mendatangkan ahlinya. Siswa dapat merasakan langsung atmosfer bagaimana menjadi seorang jurnalis, saat di lapangan serta teknik teknik yang baik dalam penulisan sebuah pemberitaan," kata Hadi.

Menurutnya, kegiatan ini nantinya akan terus dikembangkan untuk menggali potensi siswa disamping menerima mata pelajaran. "Ada semacam kegiatan ekstrakuliler yang juga mendukung penilaian siswa. Selain teori, tentu kita bekali dengan kegiatan di lapangan," ujarnya.

Sementara, jurnalis senior sekaligus pengamat budaya Palembang, Anto Narasoma menyebut jika tugas seorang jurnalis adalah menulis berita. Namun, dasar utama dari tulisan (berita-straight news) yang ia buat adalah wawancara di lapangan.

Menurutnya, dalam ilmu komunikasi, secara teknis, wawancara tidak lebih dari hubungan sebuah perbincangan (dialog) dari dua orang atau lebih, yang mengandung nilai-nilai penyampaian masalah (pengumpulan data). Itu artinya, wawancara tidak hanya sekadar berbincang-bincang mengenai sesuatu, namun intinya bertujuan untuk mengumpulkan data lewat beragam pertanyaan yang memancing dan mengorek penjelasan (statement) dari narasumber secara menyeluruh.

"Begitu pula dengan siswa SMA LTI IGM ini. Siswa kita berikan pembekalan dan pelatihan menjadi jurnalis, teknik wawancara, bagaimana menulis berita yang baik (no hoaks), serta fotografi," pungkasnya. (andhiko ta)

Galeri Foto

Testimonials