Unite Revolution Slider

Kunjungan Edukasi SMA LTI IGM Palembang

kun edu

 

Sabtu, 27 Januari 2018 siswa- siswi kelas XII IPS,  SMA LTI IGM Palembang,  melaksanakan kegiatan Kunjungan Edukasi. Pada kegiatan ini, siswa diajak  mengunjungi Kelompok Tani “SEHATI”  di Jalan Macan Lindungan, Perumahan Griya Cipta Sejahtera, RT 10 RW 05, Kelurahan Bukit Baru, Kecamatan Ilir Barat 1, Palembang.

Pada kunjungan kali ini,  siswa diajak menerapkan ilmu sosiologi yang sudah dipelajari. Mereka terjun langsung ke  lapangan, dan mencari informasi tentang bagaimana pemberdayaan masyarakat sebenarnya. Mereka dapat melihat langsung dan melakukan wawancara dengan anggota Kelompok Tani”Sehati”.

Kelompok Tani  “Sehati”  terbagi  menjadi kelompok-kelompok lagi  yaitu “Poktan Sehati” dan “KWT Sejati”.  Kedua kelompok ini memiliki  program yang berbeda. Kelompok “Poktan Sehati” mempunyai kegiatan di bidang pertanian dan perikanan. Pertanian ditunjukkan dengan menanam cabedengan media polibag dan memelihara ikan lele dalam kolam buatan dari terpal. Mereka beranggapan bahwa menanam cabe di pekarangan rumah bisa menghemat pembelian cabe untuk kebutuhan rumah tangga. Kelompok  “KWT Sejati” mempunyai kegiatan  di bidang kewirausahaan, mereka membuat produk Bandrek Jahe Merah, Rengginang, Peyek, dll. Mereka melakukan kegiatan tersebut atas dasar kreativiitas warga perumahan dan untuk menyejahterakan kehidupan keluarga mereka.

Terlihat jelas keasyikan siswa-siswi SMA LTI IGM, saat berwawancara dengan Kelompok Tani “Sehati”  dan melihat langsung produk yang mereka hasilkan. Suasana yang penuh keakraban, kegotongroyongan pada kelompok tani ini,  patut mereka contoh.

Galeri Foto

Testimonials