NGOPI SMA LTI IGM, Penerapan Penggunaan Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar

SMA LTI IGM, Palembang – SMA LTI Indo Global Mandiri kembali menggagas kegiatan Ngobrol Pintar (NGOPI).

Dalam episode yang ke-48 tersebut, NGOPI SMA LTI IGM mengangkat tema Penggunaan Tata Bahasa Indonesia dengan narasumber Linny Oktovianny, M.Pd.

Waka Kurikulum SMA LTI IGM, Muntaz, S.Pd menjelaskan, program NgoPi ini memang terfokus pada perhatian penguatan SDM sekolah, baik guru maupun karyawan, dengan menghadirkan narasumber yang berkompeten di bidangnya dari pihak luar dan seringkali memberdayakan guru menjadi narasumber berbagi kompetensi yang mereka miliki.

“Kita sengaja mengangkat tema ini karena tidak semua orang termasuk guru, mampu menggunakan tata bahasa baku yang baik dan benar dalam bentuk lisan maupun tulisan,” kata dia kepada IGMTVnews.com.

Ia mengatakan, program NGOPI dengan tema ini diharap menjadi sarana penyegaran bagi warga sekolah dalam penggunaan tata bahasa yang baik dan benar.

“Sebagai identitas suatu bangsa, dalam kaidahnya: bahasa Indonesia diutamakan, bahasa daerah diletarikan, bahasa asing kita kuasai. Di lingkungan sekolah, penggunaan bahasa Indonesia dapat memberikan nuansa berbeda, formal namun santun dalam setiap komunikasi yang dilakukan,” ujarnya.

Tak hanya itu, lanjutnya, saat ini SMA LTI IGM juga menyiapkan diri untuk mengikuti lomba yang diadakan Balai Bahasa Provinsi Sumsel.”Kita targetkan bisa masuk nominasi dan berhasil meraih juara,” pungkasnya. (andhiko tungga alam)

About Author